Sabtu, 25 Februari 2012

Wedang Jahe, Sarana untuk Kumpul yang Menyehatkan


Wedang Jahe? Ya, minuman inilah yang sangat terkenal ketika anda berbicara tentang warung angkringan. Warung yang telah banyak tersebar di pinggir-pinggir jalan seperti kota jogja, solo dan beberapa kota lainya. Warung yang menjadi tempat berkumpul dari semua kalangan rakyat seperti tukang becak, buruh, pegawai, sales keliling, mahasiswa hingga orang berada pun ada yang ikutan nongkrong di warung angkringan ini. Mereka berkumpul berbincang mulai dari masalah kehidupan, maslaah ekonomi hingga ikut-ikutan berbincang tentang masalah politik. Tentunya ditemani dengan segelas wedang jahe dengan berbagai macam jenis pilihan mulai dari murni wedang jahe, wedang jahe plus gula batu, wedang jahe susu, teh jahe hingga kopi jahe. Semua itu berbahan utama jahe. Ya, wedang jahe minuman sarana untuk kumpul, berbincang, bercanda dan berbisnis tetapi sangat menyehatkan bagi peminum dan penikmat kehangatanya.
 
Menyehatkan? Ya, minuman yang menyehatkan karena terbuat dari bahan baku jahe. Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang sangat bermanfaat. Selain untuk bumbu masak, jahe juga banyak digunakan sebagai obat. Jahe mempunyai rasa yang khas dan tajam yaitu rasa pedas dan hangat karena mengandung senyawa keton bernama zingeron. Dengan manfaat yang banyak inilah dahulu para menir-menir Belanda sangat suka dan menjadikan salah satu komoditi rempah-rempah yang sangat populer di Eropa.


Di Indonesia sendiri jahe banyak digunakan untuk membuat wedang jahe yang sangat populer terutama di warung-warung angkringan (apalagi murah hehehe.... satu gelas cuma 1500-2000 rupiah..... bukan promosi lho...(^_^)). Manfaat jahe itu sendiri adalah sebagai berikut :
  1.  Menghilangkan rasa mual saat mabuk perjalanan.
  2. Mengobati nyeri pinggang dan punggung.
  3. Mengobati rematik.
  4. Mengobati kram perut.
  5. Menurunkan kolesterol.
  6. Meredakan perut kembung.
  7. Mengatasi bau mulut.
  8. Menurunkan tekanan darah.
  9. Mengobati pilek dan hidung tersumbat.
  10. Mengobati sariawan.
Keunggulan lain dari jahe ini adalah aman untuk dikonsumsi dan sebagai obat. Jahe termasuk bahan jamu alami yang tidak mengandung efek samping dan aman bagi tubuh bahkan bermanfaat dan menghangatkan (hehehe bagi yang baru kedinginan bikin aja wedang jahe......!!!! srupuuuuut..... maknyussss).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Herbal Satu Milyar

Kenapa Herbal Satu Milyar?

Herbal itu singkatan dari Himpunan Bendel Artikel bagi Keluarga. Hehehehe..... aneh ya.... tapi di sini kami mencoba memberikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi anda dan keluarga.

Satu Milyar menurut kami yang orang kecil, itu sudah nilai yang sangat banyak... dan semoga artikel-artikel di sini dapat pula memberi manfaat yang banyak bagi anda dan keluarga.

Satu Lagi ya.... Jangan kapok telah berkunjung ke blog kami. Nanti, besok atau lusa mampir lagi ya....!!! (^_^)
Related Posts Plugin for  WordPress, Blogger...