Sabtu, 03 Maret 2012

Manfaat/ Khasiat Sirsak: Bunuh Sel Kanker dengan Sirsak

Berikut ini penjelasan tentang manfaat/ khasiat dari buah sirsak, kandungan gizi buah sirsak, manfaat buah, biji serta daun sirsak. Kami hadirkan untuk anda dan keluarga yang sedang mencari pengetahuan tentang manfaat sirsak, obat tradisional yang aman dan alami. Sirsak sangat banyak manfaatnya khususnya dalam pengobatan tradisional, dikatakan bahawa sirsak dapat mengobati penyakit kanker, ambeien, bayi mencret, sakit pinggang, bisul, anyang-anyangen dan sakit kandung air seni.

Nama Umum : Sirsak
Nama Latin : Annona muricata, Linn
Nama Lokal : Sirsak (Indonesia) Nangka sabrang, Nangka landa (Jawa) Nangka Walanda, Sirsak (Sunda) Nangka buris (Madura) Srikaya jawa (Bali) Deureuyan belanda (Aceh) Durio ulondro (Nias) Durian batawi (Minangkabau) Jambu landa (Lampung) Langelo walanda (Gorontalo) Sirikaya balanda (Bugis dan Ujungpandang) Wakano (Nusa Laut) Naka walanda (Ternate) Naka (Flores) Ai ata malai (Timor).


Kandungan Gizi
Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat. Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total. 

Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g) sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik nonvolatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.  Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda). 

Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis.  

Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg per 100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Sirsak Membunuh Sel Kanker
Menurut peneliti di Cancer Chemoprevention Research Center Universitas Gadjah Mada (CCRC–UGM), Nur Qumara Fitriyah, riset McLaughlin menunjukkan dengan dosis kecil saja, daun sirsak efektif memberangus sel kanker. Berdasarkan riset McLaughlin ED50 ekstrak kasar daun sirsak < 20 µg/ml, sedangkan ED50 senyawa murni cuma < 4 µg/ml. Artinya dengan dosis rebusan 10 – 15 daun sirsak masih aman dikonsumsi.
 
Sumber lainnya, The Journal of Natural Product membeberkan riset Rieser MJ, Fang XP, dan McLaughlin, peneliti di AgrEvo Research Center, Carolina Utara, Amerika Serikat, bahwa daun sirsak membunuh sel-sel kanker usus besar hingga 10.000 kali lebih kuat dibanding adriamycin dan kemoterapi.

Adapun pengobatan tradisional menggunakan sirsak adalah sebagai berikut:
  1. Penyakit kanker, Rebus 10 buah daun sirsak yang sudah tua (warna hijau tua) ke dalam 3 gelas air dan direbus terus hingga menguap dan air tinggal 1 gelas saja. Air yang tinggal 1 gelas dimimumkan ke penderita setiap hari 2 kali.
  2. Ambeien, Bahan: buah sirsak yang sudah masak; Cara membuat: diperas untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas; Cara menggunakan : diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  3. Bayi Mencret, Bahan: buah-sirsak yang sudah masak; Cara membuat: buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya; Cara menggunakan : diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
  4. Sakit Kandung Air Seni, Bahan: buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya; Cara membuat: semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak; Cara menggunakan : dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
  5. Sakit Pinggang, Bahan: 20 lembar daun sirsak; Cara membuat: direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 3 gelas; Cara menggunakan : diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
  6. Anyang-anyangen, Bahan: sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya; Cara membuat: sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas; Cara menggunakan : disaring dan diminum.
  7. Bisul, Bahan: daun sirsak yang masih muda secukupnya; Cara membuat: ditumbuk halus dan ditambah 1/2 sendok air, diaduk sampai merata; Cara menggunakan : ditempelkan pada bagian bisul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Herbal Satu Milyar

Kenapa Herbal Satu Milyar?

Herbal itu singkatan dari Himpunan Bendel Artikel bagi Keluarga. Hehehehe..... aneh ya.... tapi di sini kami mencoba memberikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi anda dan keluarga.

Satu Milyar menurut kami yang orang kecil, itu sudah nilai yang sangat banyak... dan semoga artikel-artikel di sini dapat pula memberi manfaat yang banyak bagi anda dan keluarga.

Satu Lagi ya.... Jangan kapok telah berkunjung ke blog kami. Nanti, besok atau lusa mampir lagi ya....!!! (^_^)
Related Posts Plugin for  WordPress, Blogger...