Minggu, 26 Februari 2012

Manfaat/ Khasiat Kunyit



Anda tahu dengan kunyit? Ibu-ibu pasti sudah hafal ya dengan salah satu bumbu dapur yang satu ini. Ternyata kunyit juga banyak manfaat/ khasiatnya, terutama dalam hal kesehatan. Nah bagi ibu-ibu penting untuk tahu manfaat/ khasiat kunyit dan bahan rempah lainya, walaupun tidak ada yang mewajibkan (hehehe……). Tapi setidaknya dengan pengetahuan ini para ibu-ibu bisa memanfaatkan rempah-rempah tersebut sebagai obat kesehatan untuk keluarga tercinta. Tentunya pengobatan yang aman dan alami tanpa efek samping seperti obat-obat kimia. 
 
Apa itu kunyit?
Kunyit adalah salah satu bumbu dapur, kunyit warnanya kuning khas dengan bau aromatik, rasa agak pahit, pedas, lama-kelamaan menimbulkan rasa tebal. Kepingan : ringan, rapuh, warna kuning, jingga, kuning jingga kemerahan sampai kuning jingga kecoklatan.


Kunyit disebut curcuma longa linn atau curcuma domestica val. Termasuk dalam famili tumbuhan zingiberaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah kunyir, kunir, koneng temen, cahang, hunik, kunyik atau kurlai. Nama asingnya tumerie nama simplisia rhizome curcuma longae.
 
Sifat kimiawi : tumbuhan ini sangat kaya dengan kandungan kimia, yang sudah diketahui antara lain azadirachtin,minyak gliserida, asam asetiloksifuranil-dekahidrotetrametil-oksiklopentanatolfuran asetat-keton, heksahidro-hidroksitetrametil-fenantenon (nimbol). 
 
Efek farmakologis : dalam farmakologi China dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat rasa pahit, netral, anti diabetes, anti diare, anti piretik, anti bilios dan merangsang/ mengaktifkan kelenjar-kelenjar.
 
Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, manfaat/ khasiat kunyit adalah untuk menyembuhkan penyakit-penyakit berikut ini : 

  1. Demam  
  2. Dyspepsia (perut kembung, nyeri, mual, tidak nafsu makan)  
  3. Terlambat haid  
  4. Eksim  
  5. Keputihan  
  6. Radang rahim, radang usus buntu, hepatitis dan sakit kuning  
  7. Gatal akibat cacar  
  8. Radang gusi  
  9. Radang amandel  
  10. Tekanan darah tinggi

Wah kecil-kecil mentes juga ya…… (kecil tapi banyak manfaatnya), gimana ibu-ibu? Dari satu bahan kunyit saja manfaatnya banyak ya. Apalagi untuk pengobatan keluarga tercinta terutama si buah hati sangat aman dan alami. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Herbal Satu Milyar

Kenapa Herbal Satu Milyar?

Herbal itu singkatan dari Himpunan Bendel Artikel bagi Keluarga. Hehehehe..... aneh ya.... tapi di sini kami mencoba memberikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi anda dan keluarga.

Satu Milyar menurut kami yang orang kecil, itu sudah nilai yang sangat banyak... dan semoga artikel-artikel di sini dapat pula memberi manfaat yang banyak bagi anda dan keluarga.

Satu Lagi ya.... Jangan kapok telah berkunjung ke blog kami. Nanti, besok atau lusa mampir lagi ya....!!! (^_^)
Related Posts Plugin for  WordPress, Blogger...